Failed to Get RSS Data
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 17-10-2012
  HERMAN MAN : PEMKOT AKAN PERBAIKI SYSTEM PENGELOLAAN SAMPAH.
  Kupang, tirilolok.com - Wakil Walikota Kupang dokter Hermanus Man kepada Wartawan usai mengikuti perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia di halaman depan SDI Lasiana Senin (15/10/12) mengatakan, Sistem pengelolaan sampah di kota Kupang akan diperbaiki.

“ Penetapan Hari Kebersihan di Kota Kupang sebagai salah satu upaya memberikan perhatian kepada pengelolaan sampah di Kota Kupang”, ujar Herman.

Dia menegaskan, pengelolaan sampah harus dimulai dari keluarga dengan mendorong keluarga untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya.

“ Sampah Plastik ditaruh di mana, sampah berupa sisa-sisa makan ditaruh di mana. Begitu. Dan itu dimulai dari rumah tangga”, ungkap Herman Man.

Herman Man menambahkan, dia telah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan setelah system diperbaiki baru dilihat lagi apakah perlu tambahan TPS dan armada pengangkut sampah atau tidak.

Sementara itu Kepala Perwakilan Unicef Wilayah NTT dokter Gregorius Maubily Fernandez megatakan Unicef telah hadir di NTT selama 22 tahun namun Unicef tidak datang dengan Program tetapi hanya mendukung Pemerintah dengan sumber daya yang dimiliki.

“ Kita datang dengan sumber daya berupa tenaga ahli dan dana programnya terserah pemerintah yang atur”, ujar mantan Wakil Bupati Belu ini.

Ia menambahkan selain bekerjasama dengan Pemerintah pihaknya juga melakukan advokasi ke DPRD di 12 kabupaten Kota dan Provinsi dalam bidang Kesehatan ibu dan anak serta sanitasi dan Gizi.

“ Untuk masalah sanitasi, Mantan Wakil Bupati Belu ini menambahkan, jika dimulai dari keluarga maka sampah yang dikelola entah menjadi Bokasi atau pupuk lainnya dapat menghasilkan tambahan penghasilan bagi keluarga seperti yang dilakukan Kelurahan Namosain “, imbuhnya.

Di Kota Kupang ada tiga kelurahan yang memenuhi kriteria Padat Kumuh dan Miskin atau PAKUMIS yang menjadi konsentrasi perhatian Unicef yakni Namosain, Lasiana dan Oesapa. (VN-02)
   
 
Sound:
footer2.jpg