RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 11-12-2012
  FKDAK SERAHKAN RANPERDA KECACATAN NTT.
  Kupang, tirilolok.com - Ketua Forum Keluarga Dengan Anak Kecacatan Nusa Tenggara Timur atau Ketua FKDAK NTT, Beny Jahang Selasa Pagi (11/12/12) di sela-sela pembukaan Hari Kesetiakawan Sosial Nasional ke-54 tingkat provinsi NTT di Kantor Dinas Sosial NTT kepada wartawan mengemukakan, dalam rangka memperingati Hari Kecacatan Internasional tahun ini, pihaknya telah menghasilkan sebuah Rancangan Peraturan Daerah atau Ranperda tentang Kecacatan dan telah menyerahkannya kepada pemerintah melalui Dinas Sosial NTT untuk diteruskan kepada DPRD NTT guna dibahas dan ditetapkan sebagai PERDA Perlindungan Terhadap Penyandang Cacat.

“ Dalam Ranperda yang terdiri atas 70 pasal itu membuat hak setiap orang cacad dan sanksi bagi pihak-pihak yang melanggar hak-hak penyandang cacat”, ujar Wartawan Pos Kupang ini.

Beny mengakui, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Sekda untuk bisa berkonsultasi dengan Gubernur mengenai pengajuan Ranperda Kecacatan namun hingga saat ini belum ada jawaban sehingga pihaknya akan terus mengawal Ranperda tersebut.

Sementara itu, Kadis Sosial NTT, Sinun Petrus Manuk yang dikonfirmasi wartawan usai pembukaan HKSN tentang tindaklanjut Ranperda Kecacatan mengatakan, Ranperda tersebut sudah di Biro Hukum Setda NTT, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk dibahas dalam sidang-sidang DPRD NTT tahun 2013 mendatang.

“ Ranperda Kecacatan merupakan payung hukum bagi penyandang cacat karena mereka ingin ada regulasi bagi mereka secara spesifik bagi NTT dan kelak jadi Perda perlu dilaksanakan”, urai Pit Manuk.

Menurut Piet Manuk, ke depan semua bangunan pemerintah di NTT perlu memperhatikan aksebilitas penyandang cacat pada sarana-sarana publik seperti yang akan dimiliki Dinas Sosial NTT.

NTT merupakan provinsi ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Yogyakarta yang membuat produk hukum berkaitan dengan perlindungan terhadap penyandang cacat.(VN-01)
   
 
Sound:
footer2.jpg