Failed to Get RSS Data
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 21-05-2014
  SANTEL SANGAT BERMANFAAT BAGI KEAMANAN INFORMASI RAHASIA NEGARA.
  Kupang, tirilolok.com - Kepala Bagian Protokol Dan Sandi Telekomunikasi Biro Umum Setda NTT, Wilibrodus Paga pada hari Selasa tanggal 21 Mei di kantor gubernur NTT kepada Tirilolok mengemukakan, Sandi memiliki peranan yang sangat besar sekali dalam menjamin keamanan dan kerahasiaan sebuah informasi negara sehingga di NTT sudah dilengkapi peralatan sandi negara meski tidak memiliki kantor sendiri.

“ Peralatan komunikasi yang diberikan kepada NTT antara lain telepon sandi yang dikhususkan bagi pejabat seperti gubernur yang diketahui anggota lembaga sandi negara Lemsaneg”, ungkap Wili Paga.

Sedangkan Kasubg Sandi Dan Telekomunikasi Yesilial S. Neu menambahkan, sebenarnya peralatan bersandi dari negara sudah banyak di provinsi NTT seperti telepon, HP dan feks bersandi.

“ NTT masih kekurangan tenaga trampil sehingga ke depan perlu pelatihan tenaga agar alat – alat yang ada bisa dimanfaatkan secara baik demi kenyamanan dan keamanan informasi rahasia negara atau daerah”, kata Yes.

Yes mengatakan, perlu ada tenaga ahli sandi dasar dan lanjutan seperti sekolah tinggi sandi negara STSN namun dari NTT belum ada satupun.

Sandi Dan Telekomunikasi yang dibentuk akhir tahun 2013 lalu oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya yang dipadukan dengan Bagian Protokol dalam Biro Umum Setda NTT merupakan perwujudan Lembaga Sandi Negara Lemsaneg yang dibentuk sejak tahun 1946 lalu untuk melindung rahasia negara dari penyadapan. (VN-1)
   
 
Sound:
footer2.jpg