RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 28-04-2010
  PROF. RATOE UDJU: "REPRODUKSI HAK INDIVIDU"
 

Profesor Mien Ratoe Oedjoe ketika tampil sebagai pembicara dalam Seminar yang diselenggarakan Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Anak di aula UPT Pengembangan Kegiatan Belajar provinsi NTT, Rabu, 28 April, mengatakan, hak reproduksi adalah hak setiap individu untuk menentukan kapan akan melahirkan, berapa jumlah anak dan jarak anak yang akan dilahirkan. Menurutnya, hak reproduksi penting artinya bagi setiap individu demi terwujudnya kesehatan individu secara utuh baik jasmani maupun rohani sesuai norma hidup sehat.

Mien Ratoe Oedjoe menambahkan, hak-hak reproduksi meliputi, hak untuk mendapatkan informasi dan pendidikan kesehatan reproduksi-Kespro, hak mendapat pelayanan dan perlindungan, hak kebebasan berpikir tentang pelayanan Kespro dan berbagai hak lainnya.

Mengenai paket pelayanan kesehatan reproduksi,ia menyebut, paket pelayanan kesehatan reproduksi meliputi paket pelayanan reproduksi esensial yang didalamnya mencakup kesehatan ibu dan anak, KB, Kespro Remaja dan Pencegahan dan penanggulangan PMS, Infertilitas, AIDS dan HIV. Hal lainnya adalah Paket pelayanan Kesehatan Reproduksi Komprehensif yakni pelayanan kesehatan Reproduksi sepanjang siklus kehidupan Manusia.

Disinggung mengenai pengaruh gender terhadap Kespro, Mien Ratoe Oedjoe menjelaskan, masalah Kespro bukan hanya masalah perempuan, tetapi juga masalah laki-laki, namun menurutnya, pengaruh gender terhadap kespro perempuan jauh lebih besar. Ia menjelaskan, melalui Gender Lens, program untuk meningkatkan derajat Kespro, perlu melibatkan atau ditujukan kepada laki-laki, karena perempuan tidak hamil sendirian tetapi ada laki-laki di balik setiap kehamilan.

Pada akhir pemaparan makalahnya, Mien menyatakan, pemenuhan hak kespro tercermin dari seberapa sehat kehidupan baik perempuan maupun laki-laki. (VN_02)

   
 
Sound:
footer2.jpg